Kamis, 07 Oktober 2010

Rumus Dalam Excel - Fungsi Matematika dan Statistika

Kali ini saya ingin memposting tugas saya yang lama, tentang rumus-rumus dasar dalam Microsoft Excel. Sebenarnya tugas ini saya buat 2 tahun lalu (waktu masih kelas X) dan merupakan tugas KKPI. Jadi, mengapa saya ingin memposting tugas saya yang sudah lama ini? Sebab dari pada filenya di delete, mending saya posting aja di blog, mungkin dapat berguna bagi yang sedang belajar KKPI terutama tentang MS. Excel ini.

Ok, pada sesi ini, rumus yang akan kita bahas ialah rumus dasar saja, meliputi Sum, Max, Min, Average, Count, CountIF, Counta, dan Sumif.

Untuk lebih jelas fungsi dari masing-masing rumus, dapat melihat tabel di bawah ini.


Fungsi

Kegunaan

Penulisan

SUM

Menjumlahkan pada angka pada sel atau range

=SUM(angka 1, angka 2,...)

=SUM(alamat range)

MAX

Menampilkan nilai terbesar dari suatu range data numerik

=MAX(angka 1, angka 2,...)

=MAX(alamat range)

MIN

Menampilan nilai terkecil dari suatu range data numerik

=MIN(angka 1, angka 2,...)

=D10MIN(alamat range)

AVERAGE

Menampilan rata-rata dari suatu range data numerik

=AVERAGE (angka 1, angka 2,...)

=AVERAGE(alamat range)

COUNT

Menghitung jumlah data yang bersifat numerik dari suatu range

=COUNT(angka 1, angka 2,...)

=COUNT(alamat range)

COUNTIF

Menghitung jumlah data yang bersifat numerik yang terdapat pada range tertentu sesuai dengan kriteria yang ditentukan

=COUNTIF(range,criteria)

COUNTA

Menghitung jumlah semua jenis data dari suatu range

=COUNTA(angka 1, angka 2,...)

=COUNTA(alamat range)

SUMIF

Menjumlahkan data yang bersifat numerik dalam suatu range data dengan kriteria tertentu

=SUMIF(range,criteria,sum_range)


Untuk contoh penggunaan rumus, dapat di lihat pada gambar di bawah.

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Bog ini Semoga Bermanfaat
Judul: Rumus Dalam Excel - Fungsi Matematika dan Statistika
Tulisan di Blog ini tidak semuanya saya Tulis dan juga banyak artikel Dari BLog Lainnya Rumus Dalam Excel - Fungsi Matematika dan Statistika Blog ini hanyalah sebagai Bookmark dari Blog tetangga yang ingin saya baca ketika ada waktu Longgar untuk Blog tulisan saya Sendiri adalah http://m-shohiburridak.blogspot.com itu banyak berisi Tutorial Tentang Jaringan

Related Post:



0

0 komentar:

Posting Komentar

Gunakan Google Chrome Untuk Mendapatkan Tampilan Terbaik Blog Ini ( ^_^ )